Jumat, 21 Oktober 2011

Habib Abdul Qadir Bin Ahmad Assegaf (1331 - 1431 H)


Beliu dilahirkan di kota Sewun, Hadramaut, pada bulan Jumadil Akhir Tahun 1331 H. Beliau dibesarkan oleh kedua orangtuanya yang sholeh sehingga sejak kecil beliau telah dihiasi dengan hidayah dan ketakwaan.

Ayah beliau, Al Habib Ahmad bin Abdurrahman Assaggaf, adalah seorang imam yang dihiasi dengan keindahan budi pekerti yang luhur ilmu yang luas dan amal yang soleh. Al Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi pernah berkata bahwa Al Habib Ahmad bin Abdurrahman adalah Imam Wadil Ahqof (Hadramaut).

Ibu beliau adalah As Syarifah Alawiyah binti Al Habib Ahmad bin Muhammad Aljufri. Beliau adalah seorang wanita yang sholihah dan suka pada kebajikan. Ketika ibu beliau sedang mengandung dan melahirkan bayi laki-laki, bayi tersebut diberi nama Abdul Qodir atas isyarat dari Al Habib Ali bin Muhammad Alhabsyi, tetapi tidak lama kemudian bayi tersebut meniggal dunia. Ketika As Syarifah Alawiyah melahirkan bayi laki-laki untuk yang kedua kalinya, Al Habib Ali juga mengisyaratkan agar bayi tersebut diberi nama Abdul Qodir. Al Habib Ali mengatakan bahwa bayi ini kelak akan menjadi orang yang mulia yang mengabdikan hidupnya untuk taat kepada Allah dan menjadi seorang yang dihiasi dengan ilmu, amal dan ihsan.

As Syarifah Alawiyah meninggal dunia pada tanggal 29 Rajab 1378 H bersamaan dengan hari wafatnya Al Habib Salim bin Hafidh Bin Syaikh Abubakar bin Salim (kakek dari Al Habib Umar Bin Hafidz). Sedangkan Al Habib Ahmad (ayah dari Al Habib Abdul Qodir) meninggal dunia pada sore hari, Sabtu, tanggal 4 Muharram 1357 H, setelah menunaikan shalat ashar pada usia 79 tahun, sedangkan Al Habib Abdul Qodir saat itu baru berusia 25 tahun.

Di masa kecil beliau mengaji kepada Syekh Thaha bin Abdullah Bahmid. Setelah itu, beliau belajar fiqih, tafsir dan sastra di Madrasah An Nahdlatul Ilmiyah. Di perguruan ini pula beliau menghafal Al Qur'an dan mempelajari Qiraah sab'ah(tujuh jenis bacaan) Al Qur'an dari Syekh Hasan bin Abdullah Baraja, beliau juga membaca beberapa kitab langsung di bawah supervisi ayahandanya. Tapi beliau juga berguru kepada sejumlah ulama besar lainnya, Antara lain :


  • Habib Umar bin Hamid Assegaf

  • Habib Abdullah bin Alwi Al-Habsyi

  • Habib Umar bin Abdul Qadir Assegaf

  • Habib Abdullah bin Idrus Alaydrus

  • Habib Abdulbari bin Syekh Alaydrus

  • Habib Alwi bin Abdullah bin Syahab.

    Pada tahun 1393 H/1973 M beliau memutuskan memperluas medan dakwahnya ke luar negeri. Maka beliau pun berdakwah sampai ke Singapura. Dua ulama Singapura yang menyambutnya kala itu ialah Habib Muhammad bin Salim Al Aththas dan Habib Ali Ridha Assegaf. Tak lama kemudian beliau juga sempat menunaikan ibadah haji ke Mekah.

    Atas permintaan beberapa ulama di Tanah suci, beliau bermukim selama beberapa waktu di Mekah, Madinah dan Jeddah untuk mengasuh majlis ta'lim. Beliau juga sempat berdakwah ke Zanzibar, Lebanon , Syria dan Mesir. Tapi saat itu belakangan beliau menetap di Jeddah. Setiap kali beliau menyampaikan tausiah, selalu ada hal yang menarik. Misalnya ketika memberikan tausiah dalam sebuah rauhah, pengajian, di Jeddah pada 1411 H/1990 M,

    "Yang banyak menimpa manusia pada zaman akhir ini ialah Futurul Himah(kevakuman hasrat) dalam mencapai kemuliaan di sisi Allah SWT."

    Ujarnya.

    Menurutnya, sesungguhnya himmah, kesungguhan hasrat, merupakan penuntun lahirnya taufik Ilahi, pertolongan Allah SWT bagi hamba-Nya agar mampu melaksanakan ketaatan, sebagai pos bisyarah, kabar gembira. Jika seseorang memiliki keinginan, lalu bersungguh-sungguh mencapainya, segala kesulitan akan menjadi mudah. Allah SWT pun akan menolong dengan maunah, pertolongan dan taufik-Nya. Menurut Habib Abdul Qadir yang saat itu semakin melemah adalah kekuatan keimanan kita.

    "Kebanyakan orang sekarang merasa berat bangun malam, lebih suka bermalas-malasan, ini semua jelas akibat bujuk rayu setan."

    Katanya.

    Murid-murid beliau diantaranya:


    • As Sayyid Muhammad bin Alawi Al Maliki

    • Al Habib Zein bin Ibrahim bin Smith

    • Al Habib Salim bin Abdullah bin Umar Asy Syathiri

    • Al Habib Abu Bakar Al Adni bin Ali Al Masyhur

    • Al Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz ibn Syeikh Abu Bakar bin Salim

    • Al Habib Ali bin Abdurrahman Al Jufri

    • Al Habib Muhammad bin Abdurrahman As Saqqaf.

      Diantara Teman-teman beliau yang telah pergi mendahului beliau Adalah, Al Habib Ahmad Masyhur bin Thoha Al Haddad. Al Habib Abdurrahman bin Ahmad Al Kaf. Al Habib Abu Bakar Atthas bin Abdullah Al Habsyi. Syeikh Umar Khatib.

      Habib Abdul Qadir adalah seorang ulama dan da'i yang menjalankan dakwahnya dengan penuh kebijaksanaan. Akhlaknya yang tinggi mampu menawan hati sesiapa saja, ilmu, wara’ dan akhlaknya menyebabkan beliau dikasihi dan dihormati. Kabarnya Buya Hamka pernah ziarah kepada beliau sewaktu di Jeddah, dan setelah berbincang dengan beliau, akhirnya Buya Hamka mengakui bahwa Baitun Nubuwwah Bani Zahra min Ali masih wujud dan berkesinambungan dalam darah para Saadah Bani ‘Alawiy.

      Beliau telah lama uzur, dan sebelum Fajar hari Ahad, 19 Rabi ’Al Akhir 1431 H bersamaan 4 April 2010, beliau kembali ke Rahmatullah di Jeddah. Beliau menutup umur pada usia 100 tahun, dan dishalatkan di Masjidil Haram Makkah selepas shalat Isya, Ahad 4 April 2010.


      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar

      FacebookZ